Saturday, January 31, 2015

Organisasi dan Arsitektur Komputer



Organisasi adalah sekumpulan unit yang memiliki fungsi masing-masing untuk mencapai tujuan bersama. Arsitektur : Rancangan; Desain; Konsep perencanaan dan struktur.Komputer adalah sebuah mesin hitung elektronik yang secara cepat menerima informasi masukan digital dan mengolah informasi tersebut menurut seperangkat instruksi yang tersimpan dalam  komputer  tersebut  dan  menghasilkan  keluaran  informasi  yang  dihasilkan  setelah  diolah.


Organisasi Komputer adalah bagian-bagian yang terkait erat dengan unit–unit operasional computer. Contoh : teknologi hardware, perangkat antarmuka, teknologi memori. Arsitektur Komputer Adalah rancangan pengoperasian dasar dari suatu sistem komputer. Arsitektur komputer merupakan rencana cetak-biru dan deskripsi fungsional dari kebutuhan bagian perangkat keras yang didesain (kecepatan proses dan sistem interkoneksinya). Membahas bagaimana CPU akan bekerja, dan mengenai cara pengaksesan data dan alamat dari dan ke memori, RAM, ROM, hard disk, dll. Arsitektur komputer juga dapat didefinisikan dan dikategorikan sebagai ilmu dan sekaligus seni mengenai cara interkoneksi komponen-komponen perangkat keras untuk dapat menciptakan sebuah komputer yang memenuhi kebutuhan fungsional dan kinerja. Contoh arsitektur komputer : intruksi, aritmetika, teknik pengalamatan.

Arstektur Mesin Von Neumann
Diciptakan oleh John von Neumann (1903-1957). Arsitektur ini digunakan oleh hampir semua komputer saat ini. Menggambarkan komputer dengan empat bagian utama yaitu Unit Aritmatika dan Logis (ALU), unit kontrol, Memori, dan alat masukan dan hasil (I/O). Bagian-bagian tersebut dihubungkan oleh sistem interkoneksi yang dikenal dengan “BUS”.

Gambar arsitektur mesin von neumann :


Selain  arsitektur mesn Von Neumann, dikenal juga arsitektur CISC, RISC, Blue Gene, dsb.


Struktur Komputer
Komputer adalah sebuah sistem yang berinteraksi dengan cara tertentu dengan dunia luar. Interaksi  dengan  dunia  luar  dilakukan  melalui  perangkat  peripheral  dan  saluran  komunikasi. Terdapat empat struktur utama komputer yaitu : Central  Processing  Unit (CPU),  berfungsi  sebagai  pengontrol  operasi  komputer  dan pusat  pengolahan  fungsi    fungsi  komputer.  Kesepakatan,  CPU  cukup  disebut sebagai processor (prosesor) saja.   Memori Utama, berfungsi sebagai penyimpan data.   I/O, berfungsi memindahkan data ke lingkungan luar atau perangkat lainnya.  System  Interconnection,  merupakan  sistem  yang  menghubungkan  CPU,  memori  utama dan I/O.

Cara Kerja Unit-unit Komputer
Unit input (masukan) menerima informasi dalam bentuk kode digital. Informasi tersebut, didapatkan dari alat-alat  elektromekanik (seperti keyboard, mouse, dsb); atau dari komputer-komputer lain lewat jalur komunikasi digital. Informasi yang diterima dapat langsung diolah oleh CPU untuk melaksanakan operasi yang diinginkan. Langkah-langkah  pengolahan  informasi ini ditentukan  oleh program yang disimpan dalam register. Hasil dari pengolahan informasi tersebut akan dikirimkan pada unit output (keluaran). Seluruh kegiatan ini dikoordinasikan oleh unit kontrol.

Central Processing Unit (CPU)
Komponen yang paling menarik namun paling kompleks adalah CPU. Struktur utama CPU adalah :  Control Unit, berfungsi untuk mengontrol operasi CPU dan mengontrol komputer secara keseluruhan. Arithmetic  And  Logic  Unit (ALU),  berfungsi  untuk  membentuk  fungsi    fungsi pengolahan data komputer. Register, berfungsi sebagai penyimpan internal bagi CPU. CPU Interconnection, berfungsi menghubungkan seluruh bagian dari CPU.

Gambar unit utama CPU :

Fungsi Komputer
Prinsipnya terdapat empat buah fungsi operasi, yaitu : 
·    Fungsi Operasi Pengolahan Data 
·    Fungsi Operasi Penyimpanan Data 
·    Fungsi Operasi Pemindahan Data 
·    Fungsi Operasi Kontrol

1 comment:

  1. Makasih gan...


    Kalo ada yang mau tinggal sementara atau selamanya di Jogja. Kami bisa bantu mencarikan tempat tinggal yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

    Jangan bingung mencari atau mengiklankan Rumah kontrakan, Kontrakan Paviliun, Homestay, Ruko, Kos-kosan, Sewa rumah/tanah, dan Jual beli rumah/tanah di Jogja!

    Karena Cari Kontrakan Jogja telah hadir di tengah-tengah Anda.

    Silahkan kunjungi website kami langsung dan buktikan sendiri pelayanan kami hanya di :

    http://carikontrakanjogja.com/


    Kami menawarkan space iklan di website kami. Jika Anda ingin memasang produk2 yang Anda jual, silahkan kunjungi website kami. Dan hubungi nomor yang telah tercantum di website kami.


    www.carikontrakanjogja.com

    ReplyDelete