1. Pemanfaatan Media dan Perpustakaan
A. Definisi dan Klasifikasi Media
Media merupakan kata jamak dari kata ”medium” yang berasal dari bahasa Latin medium yang berarti antara. Umumnya, definisi media selalu didasarkan pada proses komunikasi. Media merupakan perantara bagi pengirim (sender) dan penerima (receiver) dalam melakukan pertukaran informasi. Medium
berarti sesuatu yang dapat membantu menyampaikan pesan dan informasi
dari sumber (komunikator) kepada penerima pesan (komunikan).
Definisi Medium:
1. Robert Jeinich, dkk. (1986): sesuatu yang membawa informasi antara sumber (source) dan penerima (receiver) informasi.
2. Kemp dan Dayton (1986):
sebagai alat pengirim (tranfer) yang mentransmisikan pesan dari
penerima (sender) kepada penerima pesan atau informasi (receiver).
3. Oemar Hamalik (1989):
sebagai teknik yang digunakan dalam rangka lebih mengefektifkan
komunikasi dan interaksi antara guru dan siswa dalam proses pendidikan
dan pengajaran di sekolah.
Teknologi dipandang sebagai produk dan proses.
Teknologi sebagai produk: perangkat keras dan perangkat lunak yang
merupakan hasil dari proses. Teknologi sebagai proses: berarti adanya
aplikasi yang sistematis dari pengetahuan ilmiah untuk melaksanakan
tugas yang bersifat praktis.
Media Teknologi
adalah perangkat lunak dan perangkat keras yang merupakan produk
teknologi dan dapat digunakan sebagai perantara dalam proses pengiriman
informasi dan pengetahuan dari pengirim (sender) kepada penerima
(receiver).
B. Karakteristik dan Klasifikasi Media
Media
mempunyai beberapa karakteristik yang dapat dijadikan sebagai dasar
untuk membuat klasifikasi. Karakteristik tersebut, menurut Jerold Kemp
(1986), yaitu:
1. kemampuan dalam mempresentasikan gambar (presentation)
2. faktor ukuran (size): besar atau kecil
3. faktor warna (color): berwarna atau hitam putih
4. faktor gerak: diam atau bergerak
5. faktor bahasa: tertulis atau lisan
6. faktor keterkaitan antara unsur gambar dan suara: gambar saja, suara saja atau gabungan antara gambar dan suara
Semua
karakteristik ini dapat membedakan jenis media yang satu dengan jenis
media yang lain. Pemilihan jenis media yang akan digunakan untuk
keperluan komunikasi informasi sebaiknya mempertimbangkan karakteristik
dan klasifikasi media.
Klasifikasi media:
1. Robert Heinich, dkk. (1986):
§ Gambar yang tidak diproyeksikan (non-projected visuals)
§ Gambar yang diproyeksikan (projected visuals)
§ Media suara (audio media)
§ Sistem multi media (multi media system)
§ Film
§ Televisi
§ Komputer
2. Jerold Kemp dan Diane K. Dayton (1985):
§ Media cetak
§ Media yang dipamerkan (displayed media)
§ Overhead transparancy
§ Rekaman suara
§ Slide-suara dan film strip
§ Presentasi multi gambar
§ Video dan film
§ Pembelajaran berbasis komputer (computer based instruction)
C. Keuntungan Dalam Memanfaatkan Media
Kontribusi media dalam proses komunikasi informasi adalah sebagai berikut:
a. informasi yang dikomunikasikan menjadi lebih standar
b. penyajian informasi dapat menjadi lebih menarik
c. kualitas penerimaan informasi menjadi lebih efektif
d. memungkinkan terjadinya proses belajar secara individual
D. Peran Komputer Dalam Perpustakaan
Pada umumnya komputer di perpustakaan untuk berbagai keperluan:
Pada umumnya komputer di perpustakaan untuk berbagai keperluan:
1. pengetikan (word processor)
2. desain dan pembuatan grafis (graphic design)
3. penyimpanan data (data storage)
4. pengolahan data (data analysis)
5. telekomunikasi (communication)
2. TUJUAN PEMANFAATAN MEDIA
Pemanfaatan
media di perpustakaan harus diarahkan untuk mencapai misi pelayanan
yang meliputi pelayanan program pendidikan, informasi, kebudayaan, hobi,
dan rekreasi.
Empat jenis layanan perpustakaan oleh Beenham dan Morrison (1991):
1. menyediakan fasilitas untuk pengembangan individu dan kelompok dari berbagai level pendidikan
2. memberikan pelayanan dan jasa untuk mendapatkan anekaragam informasi dan ilmu pengetahuan
3. sebagai pusat pengembangan kebudayaan dan seni
4. sebagai pusat pengembangan hobi, rekreasi untuk mengembangkan minat dan kesenagan
Pemanfaatan media memiliki beberapa tujuan yaitu:
1. untuk memotivasi perilaku tertentu (to motivate): mempengaruhi sikap, nilai dan emosi. Contoh: film, video.
2. menyampaikan
informasi (to inform): mempresentasikan dan menyajikan informasi untuk
individu maupun kelompok namun tidak menuntut penerimanya memberikan
respon. Contoh: transparansi, slide.
3. pembelajaran (to instruct): sebagai alat bantu aktivitas
pembelajaran, membantu pemakai untuk memahami informasi dan ilmu
pengetahuan, bisa untuk mengatasi keterbatasan waktu dan ruang, bisa
diulang-ulang, bisa untuk mengatasi pencarian informasi yang sulit, bisa
sebagai medium untuk menggabungkan pengalaman baru dan pengalaman yang
telah diperoleh. Contoh: media slide, film, video, kaset
Pertimbangan memilih media:
1. Isi (content)
2. Tujuan (purpose)
3. Kesesuaian (appropriateness)
4. Beaya (cost)
5. Kualitas teknis (technical quality)
6. Faktor pemakaian (circumtances of use)
7. Ujicoba (verifikasi)
8. Validasi (validation)
Pribadi, Benny A. dan Katrin, Yuni (2008) Buku Materi Pokok Media Teknologi. Jakarta: Universitas Terbuka.
bolehkah saya pinjam literaturnya?
ReplyDeleteakhmad.nur_hadi@ymail.com